Minggu, 31 Desember 2017

Selai Kaya Roti Maros

Kalau di Makassar sini sangatlah terkenal dengan jajanan dan oleh-oleh roti Maros dan Jalangkotenya. Roti Maros sangatlah enak, banyak dijual dipinggir jalan di gerai-gerai roti sebagai oleh-oleh saat bepergian keluar kabupaten.



Kalau makan roti apapun jenisnya ditambah isian selai kaya ini, In Syaa Allah dijamin nambah-nambah. Selai kaya nya sangat enak menurutku, Manisnya pas, aroma karamel gula merahnya berpadu wangi santan dan telur memberikan sensasi tersendiri menjadikan kita nambah-nambah makannya. dimakan begitu saja pun enak. Waktu bikin selai kaya ini, nggak sampai beberapa menit langsung habis. 


Resep roti ini saya modifikasi dari beberapa resep, terlalu banyak sumbermnya saya gabung-gabung jadilah resep seperti ini. alhamdulillah rasanya enak. Tekstur dan manisnya pas menurutku. Berikut resepnya yah :

Selai Kaya Roti Maros
Resep : Wardiana Dhana

Bahan :
400 ml santan kental fresh
2 1/2 - 3 sdm tepung terigu (sesuai tekstur yang anda diinginkan, kalau saya pake 2 1/2 sdm)
2 butir kuning telur
100gr gula merah sisir halus
1 sdm gula pasir
1 sdm mentega/margarin

Cara buat :
  • Larutkan gula merah ke dalam 200 ml santan kental, masak sampai gula merah larut, segera angkat dan saring. 
  • Ditempat lain campurkan sisa santan (200ml), kuning telur, tepung terigu, gula pasir. Aduk rata, lalu tambahkan larutan gula merah yang telah disaring tadi. aduk rata, Kalau perlu disaring biat mulus. Lalu masak sambil diaduk sampai meletup dan matang. Angkat. Pabnas-panas segera tambahkan mentega, Aduk rata sampai mentega/margarin meleleh. selai kaya siap di gunakan sebagai olesan roti tema minum teh 



Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...