Minggu, 31 Desember 2017

Roti kasur Labu Kuning

Niat awalnya pengen bebikin donat labu, tapi karena si kecil lagi batuk, jadilah adonan donat labu ini saya panggang dan bentuk mirip roti kasur, teksturnya tidak mengecewakan. Alhamdulillah si Ayah suka. Isiannya saya pake selai srikaya homemade, bentuk jadi mirip roti Maros kalau namanya di daerah kami. Resep selai kaya roti Maros nya silahkan lihat disini ya. Berikut resepnya untuk Roti kasur labu kuningnya :


Roti Kasur Labu Kuning
BAHAN :
300 gr labu kuning yg sudah dikukus-haluskan kemudian dinginkan suhu ruang.
400 gr tepung terigu protein tinggi 
200 gr terigu protein sedang
40 gr susu bubuk
12 gr ragi instan
60 gr gulapasir (aku pake 100 gr)
1 sdt vanilla
4 kuning telur
100 cc susu cair dingin (secukupny aja karena tekstur labu sudah berair)
60 gr butter/margarin
1 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Isian : Selai srikaya

Cara Membuat :
  • Dalam wadah Campurkan terigu,susu bubuk,ragi instan dan gula pasir aduk rata. Kemudian masukan kuning telur, labu kuning,vanilla campur rata.
  • Masukan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis,hentikan pemakaian susu cair jika adonan sudah terasa pas/kalis.

  • Masukan butter/margarin dan garam lanjut uleni hingga trcmpur rata. Pindahkan Adonan Ketalenan Lebar,taburi merata tipis tepung terigu,uleni hingga kalis mulus dan elastis.

  • Bulatkan adonan taroh dalam baskom,tutup dgn serbet/plastik wrap. Diamkan kurleb 30 mnit atau sampai adonan mengembang 2x lipat.
  • Kempiskan adonan, uleni sebentar, bagi dan timbang. Bulatkan kemudian susun diloyang yang telah dialasi kertas roti oles margarin. Diamkan kembali kurleb 10 menit. Setelah itu olesi permukaan roti dengan susu cair.
Diamkan selama 10 menit

Permukaan roti diolesi susu cair

  • Panggang dalam oven yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu, setelah matang angkat, olesi permukaan roti dengan margarin
Baru matang

Olesi permukaan roti dengan margari susu cair biar nggak kering

Setelah diolesi

Setelah bermalam semalaman
  • Belah bagian tengah roti, sajikan dengan olesan selai srikaya
Belah roti, beri isian selai kaya' homemade

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...