Selasa, 28 Mei 2019

Bawang Goreng Kriuk

Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat menjalankan ibadah puasa teman-teman semua.... 
2 bulan yang lalu saya membeli bawang merah karena bertepatan panen bawang dan waktu itu bawang merah nya murah pian. Dasar naluri emak-emak, liat yang murah mata nya langsung nyala aja. Akhirnya beli dan kebanyakan. Karena ada kekhawatiran nanti bawangnya bonyok jadilah diolah menjadi bawang merah goreng. 



Lumayanlah ya mau lebaran, semua serba taburan bawang merah goreng mulai dari Coto Makassar sampel rendang menambah aroma dan selera makan tentunya. Panjang kali cerita ku yah πŸ˜‚πŸ˜‚
Berbagai teknik bebikin bawang merah goreng, ada yang di taburi dengan tepung, ada yang di taburi garam lalu goreng, semua pernah saya coba. Sampai akhirnya ketemu sama postingan mbak Luis Widarto, merasa penasaran akhirnya di coba juga. Berhasil kriuk tahan lama.

Mungkin bagi sebagian teman-teman sudah pada canggih bikin bawang merah goreng agar tetep kriuk dan enak, tapi sebagian temen2 kadang masih belum bisa bikin bawang merah goreng yg awet kriuknya. Tak mengapa, mari kita berbagi tips. Bawang merah saya ini sudah sebulan setelah digoreng masih awet kriuk nya asal ditaruh dalam wadah tertutup yah.

Pada proses pembuatan bawang goreng kuncinya ada di pencampuran garam dan mencuci bawang merah sebelum digoreng. Tujuan memberi garam disini untuk menghilangkan getah bawang merah dan memberi rasa asin yg pas pada bawang gorengnya dan tidak lengket saat digoreng.

Biasanya kalo abis dirajang langsung digoreng bisa aja kriuk tapi cuman sesaat begitu dingin pasti melempemπŸ˜‚

Yukkk simak tipsnya...


TIPS :
Membuat Bawang Merah Goreng Awat Kriuk (Kering)
1. Setelah bawang merah dirajang tipis2 beri 1 sdt garam (untuk 500 gram bawang merah ) lalu campur rata, asal rata saja jangan di remas ya.
2. Diamkan selama 5 menit, sampai bawang merah agak lemas/lentur, lalu cuci bersih, dan tiriskan ( saya cuci sampai dua kali )
3. Goreng diminyak panas dengan api sedang cenderung kecil biar nggak gosong, dan sesekali di aduk biar matangnya rata.
4. Pada waktu mau diangkat dari penggorengan waktunya juga harus pas, kalo tidak bisa gosong tentunya yaπŸ˜‚ jadi kondisi bawang merah belum coklat semuanya sebagian masih ada yang masih putih2.
Karena sesudah di angkat dari penggorengan masih ada proses pematangan jadi warnanya pas nggak kegosongan.
5. Pada waktu mengangkat bawang merah goreng pakai dua serok biar prosesnya cepat, tidak keburu gosong, lalu tiriskan.
6. Tunggu dingin masukkan di wadah kedap udara, bawang merah goreng akan tahan kriuknya, atau kalo mau lebih tahan lama lagi kriuknya bisa dimasukkan dilemari es, berminggu2 masih kriuk.
Semoga Bermanfaat Ya 😊😊

1 komentar:

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...