Minggu, 12 November 2017

Apem Nasi Step by Step

Punya nasi yang banyak, tidak ada yang makan. Si ayah senangnya makan nasi panas saja & saya kurang sreg kalau nasi musti bermalam di magic com. Dari pada nasinya basi, jadilah saya bikin apem saja. Alhamdulillah seisi rumah suka. Apemnya lembut, bersisa 2 apem diatas meja, walau pun sudah semalaman, permukaannya masih lembut saja.


Ini camilan tempo dulu yang rasanya bikin ketagihan. Si ayah sangat suka apalagi kalau dimakan bersama dengan kelapa parut. Apem nasi ini bisa dibikin dalam berbagai rasa, rasa pandan, original ataupun gula merah boleh. Kali ini saya bikin menggunakan gula merah/aren, hummm..... wanginya. Berikut resepnya :



Apem Nasi Gula Merah

Bahan :
- 2 gelas nasi
- 2 gelas tepung beras (tepung beras kemasan)
- 2 gelas tepung terigu
- 2 gelas gula merah
- 3 sdm gula pasir
- 2 1/2 gelas air
- 1 sdm ragi instan

Cara membuatnya :
  • Menggunakan gelas seperti di foto bawah :


menggunakan gelas seperti di foto



  • Campurkan gula merah, gula pasir, air, masak sampai gula larut, segera angkat, biar air gula nggak terlalu panas. Ragi bisa mati kalau suhu terlalu panas. Setelah itu saring air gula biar kotoran pada gula merah tidak ikut.


  • Blender nasi, air gula, sampai halus lalu tambahkan tepung terigu & tepung beras. kalau saya, tepunya pun saya ikutkan diblender biar nggak cape ngaduk lagi :)


  • Tambahkan ragi, aduk rata lalu tutup rapat. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang.



  • Aduk rata adonan biar turun lalu adonan siap di cetak dan di kukus di cetakan yang sebelumnya telah diolesi minyak goreng. Kukus selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang




  • Apem gula merah siap disantap bersama kelapa parut.
  • Satu resep jadi 50 apem
Tips :

  • Aduk adonan apam setiap kali akan mengisi cetakan. Pengadukan dimaksud kan agar apam yang dihasilkan bentuknya kokoh karena mengurangi buih yang besar pada adonan.
  • Sebaiknya cetakan baru diisikan adonan sesaat sebelum dikukus. mengisi adonan ke cetakan lebih awal mengakibatkan adonan akan mengembang sebelum dikukus pada cetakan yang berakibat adonan akan keluar & tumpah dari cetakan.
Selamat mencoba & semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...