Minggu, 22 Januari 2017

Pie Labu Kuning

Sebenarnya nggak niat bebikin pie labu. Niat awalnya kepengen bikin kue lapis labu kuning pake resep sajian sedap, Tapi apalah daya, labu telah dikukus, Pas periksa kelapa ternyata sudah habis, Ada sih tapi nggak cukup kalau musti dibikin kue lapis labu. Jadilah banting setir ke pie labu.





Pie labu ini rasanya enak apalagi dinikmati dalam keadaan dingin. Ini adalah kesukaan si ayah, Apalagi kali ini saya modifikasi dengan penggunaan santan ternyata hasilnya makin gurih & enak. Berikut resep yang saya gunakan :



Pie Labu Kuning

Resep dari postingan Mbak Jamila Mustari
Modifikasi : Wardiana Dhana

Bahan kulit/crust:
  • 150 gram margarin
  • 50 gr gula halus 
  • 1 kuning telur 
  • 2 sdm susu bubuk
  • 300 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 sdm air es


Cara membuat :
  • Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. 
  • Cetak dalam cetakan pie (saya menggunakan pirex tahan panas) yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. 
  • Tusuk tusuk dengan garpu. Ini penampakan setelah ditusuk-tusuk garpu

ini cara menghias pinggiran pie dengan menggunakan garpu, boleh juga menggunakan gunting


  • Panggang selama 15 menit, keluarkan dari oven isi dengan adonan labu lalu panggang lagi sampai matang.


Bahan filling labu :
250 gr labu kuning kukus, haluskan (saya 300gr)
200 ml susu cair (saya menggunakan santan 150 ml + 50 ml Susu Kental Manis)
3 btr telur
125 gr gula palm (saya pake gula merah disisir halus)
1/4 sdt kayu manis bubuk (saya skip)
1/4 sdt vanili

1 sdm gula pasir (tambahan dari saya karna saya suka manis)
2 sdm madu (saya skip)
1 sdm tepung custard (tambahan dari saya)


Cara Buat :
Campur semua bahan isi lalu aduk rata. Boleh juga diblender biar lebih halus merata.

 

Hasil untuk 1 pirex


Selamat Mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...