Rabu, 27 Desember 2017

Puding Cakar Garpu

Bismillahi rahmanirrahim.
Beberapa hari lalu si ayah request puding ini lagi, rasanya enak berpadu antara susu, santan & karamelnya berasa makan dulche de leche puding.


Puding ini makanan khas dari Sulawesi Selatan, biasanya ditemukan ketika ada acara-acara besar seperti pernikahan, aqiqah, syukuran masuk rumah, dll. Mengapa dikatakan cakar garpu?
Mungkin karena setelah pudingnya set, dipercantik dengan garis2 garpu. Rasanya enak loh mbak. Apalagi disantap dalam kondisi dingin. Berikut resepnya :


PUDING CAKAR GARPU
Resep by : Bu Sitti Amaliah
Modifikasi : Wardiana Dhana

Bahan A :
  • 1 bungkus roti tawar ( isi 12 lembar tanpa kulit)
  • 400 ml santan dari1/2 butir kelapa
  • 2 sachet SKM (tambahan dari saya)
  • 4 kuning telur
  • 200 gr gula pasir
  • Vanili secukupnya (tambahan dari saya)

Bahan B :
  • 1 bungkus agar putih
  • 200 ml air (saya pake santan)
  • 1 sachet susu bubuk dan*ow (tambahan dari saya, kebetulan ada stock)
  • 200 gr gula pasir dikaramel (kalau tidak suka terlalu manis bisa dikurangi)
  • 4 putih telur 
  • Vanili secukupnya (tambahan dari saya)

Cara membuat :

BAHAN A : 
  • sobek2 roti lalu rendam dalam santan, 
  • Beri gula 100gr.
  • kocok kuning telur bersama gula 100 gr sampai mengembang,
  • Masukkan kedalam campuran roti aduk rata. rotinya jangan sampai terlalu hancur. 
  • Tuang dalam loyang segi 4 ukuran 20x20 cm yg sudah dialas plastik sebanyak 2 loyang (Saya pake 2 PIREX yang sebelumnya saya olesin mentega & tidak pake alas plastik)
  • Kukus sampai matang. 

BAHAN B : 
  • Larutkan agar-agar, santan & susu bubuk
  • Karamel gula dalam wajan anti lengket. Jangan diaduk, nanti gula menggumpal, cukup digoyang-goyangkan. Setelah seluruh gula mencair,
  • Lalu masukkan agar-agar yang telah dilarutkan dengan santan/susu aduk sampai semua larut dan mendidih. 
  • Kocok putih telur sampai mengembang. 
  • Masukkan campuran agar-agar dan karamel yang telah mendidih ke dalam putih telur aduk rata (saya mengaduk pake mixer supaya putih telurnya tidak berbulir-bulir)
  • Lalu tuang di atas bahan yg telah dikukus tadi lalu ratakan, biarkan uap panasnya hilang lalu masukkan dalam lemari es
  • Setelah dingin cakar dengan garpu. 
  • Puding CAKAR GARPU siap dinikmati 
  • Resep diatas menghasilkan 2 loyang ukuran 20x20 cm atau 2 pirex ukuran menengah

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...