Selasa, 28 April 2020

Jalangkote Renyah

Kemarin menyempatkan diri bebikin Jalangkote resep nya Bunda Aim, berbeda dengan resep Jalangkote pada umumnya yang minyak gorengnya dipanaskan dulu lalu segera dituang ke adonan, Jalangkote ini lebih simpel dan langsung cemplung aja. Karena ada penambahan tepung beras dan maizena pada bahan kulit inilah yang bikin saya penasaran sekali bagaimana tekstur kulitnya setelah matang. Akhirnya saya eksekusi juga deh 🤣🤣



Setelah saya eksekusi resep ini menurut saya rasa kulit Jalangkote nya enak, renyah. Jerawat Jalangkote nya lebih sopan, agak kecil dan cantik. Kalau sudah dingin jalangkotenya jadi empuk namun pada bagian plintiran nya masih renyah meskipun Jalangkote nya disimpan dalam wadah terbuka semalaman. 

Pada umumnya isian Jalangkote default itu berisi ubi jalar, mie, tauge, wortel, daun sop dan seledri, tapi kali ini saya tambahkan sayur-sayuran yang ada dikulkas seperti sawi, kok, juga saya tambahkan daging ayam cincang, boleh juga diberi potongan telur rebus ya. biar kulkas nggak penuh sesak, pun bahan isian jalongkote jadinya banyak, besok bisa agak santai deh nggak bikin camilan lagi karena sudah nyetok Jalangkote frozen dikulkas. Tinggal dimatangkan saat akan berbuka 😍😍

Panjang ya kalimat pengantarnya, yuk langsung ke resepnya aja



Jalangkote
Source Bunda Aim
Recook : Wardiana Dhana
Kulit Jalkot 

Bahan :

  • 1 sdt Tepung Beras
  • 1 sdt Tepung Maizena
  • 500 gr Tepung terigu serba guna ( lebih bagus lagi kalo terigu pro rendah)
  • 4 sdm Minyak Sayur karna saya rakyat jelata yang kaya boleh pake minyak zaitun asal jangan minyak tawon ini bukan panti pijat. (Saya panaskan dulu kemarin sampai betul-betul panas) 
  • 1/2 sdt garami
  • Air biasa ngga usah panas anget apalagi dingin.
Cara buat kulit :


  • Ulen sambil di masukin air nya dikit2 jangan kelembekan sampai set aja gpp keras nanti dia lembek kalo lama kelamaan. (Saya taruh adonan dalam wadah kedap udara lalu diamkan 30menit biar adonan jadi agak lemas). Ini penampakan adonan kulit saya :
  • Gilas isi pluntir pluntir taroh di wadah tutup supaya tetep lembab. Jangan lupa wadah nya taburi terigu.
Setelah menggilas adonan, beri isian lalu lipat, rapatkan ujungnya lalu gunting bagian kulit yang tidak dipake. Ini penampakan Jalangkote sebelum diplintir

Ini penampakan penggilas adonan, saya pake nomor 6 tapi setelah digilas pake mesin, saya taruh adonan dimeja kerja lalu gilas kembali pake rolling pin sebentar

Ini setelah diplintir

  • Tips goreng nya pastikan minyak nya bener bener panas tes pake cemplungin hp mu ke wajan kali blebek blebek berarti hp mahal hiks. Usahakan Jalkot nya kerendem biar kaya orang2 kaya berendem. Tiriskan di tray. Happy baking❤



Resep Isian Jalangkote

Bumbu Halus :
  • 1/2 sdm merica
  • 4 Siung bawang putih
  • Bawang merah iris secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Isian :
  • 3 Buah Ubi jalar kukus potong dadu
  • 3 Buah wortel potong dadu
  • Secukupnya Tauge
  • 2 Papan mie telur
  • 1 sdm gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • Secukupnya daging ayam cincang
  • Telur rebus potong-potong

Cara buat :
Tumis bumbu halus dengan bawang merah sampai harum, setelah harum tambahkan daging ayam cincang, aduk rata. beri sedikit air, gula, garam, kaldu bubuk. Aduk rata. lalu tambahkan wortel. masak sampai daging ayam matang. tambahkan tauge, aduk rata. masak sampai tauge layu. tambahkan ubi jalar kukus dan bihun, aduk rata, Angkat. Ini penampakan adonan isian saya :



Bahan Saus :
  • 3 Siung Bawang putih
  • 4 Buah cabe rawit
  • Secukupnya Saos adinata (saya pake sambal tomat ABC)
  • 1 sdm Gula pasir
  • 2 sdm Cuka
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk


Cara buat :
Haluskan bawang putih dan cabe rawit, lalu tumis sampai harum, tambahkan sambal ABC, air, cuka, gula garam dan kaldu bubuk. Tes rasa. Tambahkan larutan kanji, sesuaikan kekentalan, Masak sampai mendidih lalu angkat. Jalangkote siap dihidangkan dengan sambal

2 komentar:

  1. Mbak minyakx asal panas sj kah?ga prlu smpe mndidih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyaknya sampai panas betul/mendidih mbak. Maaf baru balas

      Hapus

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...