Senin, 25 Desember 2017

Bluder Cake Step by Step

Kemarin bebikin bluder ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa, 1 resep ini jadinya 2 bluder, semuanya dibawa perg. Si bungsu tiada hentinya minta potong tapi sayang semuanya mau dibawa. Jadilah ibunya nggak tega dan janji kalau besok akan bikin lagi. Untuk menepati janji, jadilah tadi saya bebikin lagi bluder ini.


Resep bluder ini saya ambil dari teman, Bludernya enak, apalagi kalau proofingnya tepat, nggak kelamaan, tekstur bludernya akan lembab, berat, & mirip kue bolu. Beremah dan tidak beremahnya pun tergantung dari proofing, makin lama di diamkan, makin beremah & berongga bludernya. Bluder ini termasuk resep anti gagal, Salah sekalipun rasanya tetap oke.

Bluder ini bisa dimodifikasi. Dalam waktu yang singkat saya sudah 2 kali bebikin bluder. Pertama hanya pake susu bubuk dan santan instan (boleh pake santan fresh), kali kedua bebikin pake susu FN, susu kental manis campur santan instan. Rasanya sama enaknya. Sebenarnya boleh pake air matang tetap oke. Semuanya kembali ke bahan yang tersedia dan selera ya teman-teman :) Ternyata setelah matang, bluder ini benar-benar mantap. Si ayah langsung habis 3 iris, si bungsu yang sudah tidak sabaran motong habis seiris gede. Akh....panjang kali cerita ku, Cuss langsung saja ke resepnya



Bluder Cake
Resep : Jamilah Mustari
Modifikasi : Wardiana Dhana

Bahan :
5 butir telur (kalau telurnya kecil 6)
2 gelas putih gula pasir
1 sachet margarin (200 gr margarin)
5 1/2 gelas tepung terigu (gelasnya terlampir di foto bawah)
1/2 gelas susu bubuk
1 bungkus ragi instan
1/2 sdm SP/TBM (boleh di skip) 
2 gelas air hangat (boleh pakai santan, campur susu kental manis atau susu FN, intinya cairan harus berjumlah 2 gelas dan hangat)
1 sdt vanili
pewarna kuning telur secukupnya biar tidak pucat bludernya
Cat : Gelas putih yang dipakai menakar bahan bervolume 240 ml




 Cara Buat :
  • Kocok gula dan margarin sampai lembut lalu masukkan TBM dan telur satu persatu. kocok sampai putih dan mengembang lalu tambahkan pewarna kuning telur, mikser sampai rata.
Gelas yang dipakai menakar gula pasir, tepung terigu dan air (cairan seperti santan, dll), gelasnya bervolume 240 ml







  • Campur tepung, vanili, susu bubuk dan ragi aduk rata.
  • Masukkan tepung secara bertahap bergantian dengan air hangat. kocok hingga rata.




  • Tuang adonan kedalam 2 buah loyang tulban. diamkan 10-30 menit tergantung suhu rumah. makin lama di diamkan, makin beremah & berongga bludernya. Kalau berongga bludernya nanti terasa kurang lembab. Saya sukanya bluder yang lembab (kembali ke selera lagi yah)





  • Panaskan oven hingga suhu 160C lalu panggang selama 45 - 60 menit.


  • Tes tusuk dah gak lengket. angkat lalu panas-panas olesi permukaan bluder dengan margarin. 

Catatan :
  • Menggunakan loyang tulban diameter 22 cm, 1 resep menghasilkan 2 bluder
  • Kalau bikin 1/2 resep menggunakan 3 butir telur
  • Kalau menambahkan Susu Kental Manis pada adonan maka sebaiknya takaran gula pasir pada bahan dikurangi, takutnya nanti kuenya kemanisan.
  • Bisa dimodif dengan menambahkan keju, kacang-kacangan dll sebagai topingnya
  • Saya menambahkan toping saat adonan dipanggang telah mulai mengembang naik, terlalu cepat memberikan toping (sebelum dipanggang), saat dipanggang nanti, toping akan bergerak ke pinggir loyang sebagai akibat dari adanya adonan yang naik/mengembang
  • Adonan yang menunggu/antri belum dioven masukkan ke dalam kulkas, agar tidak terlalu over proofing, nanti setelah adonan pertama matang, keluarkan adonan yang menunggu dari dalam kulkas. Aduk rata terlebih dahulu baru masukkan dalam loyang & panggang sampai matang

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured post

Pisang Saus Karamel Step by Step

Alhamdulillah selalu saja ada rejeki yang datangnya tak disangka-sangka. beberapa hari yang lalu dapat kiriman pisang kepok lagi, karena ba...